Bahasa Indonesia



mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday22
mod_vvisit_counterYesterday354
mod_vvisit_counterThis week22
mod_vvisit_counterLast week2331
mod_vvisit_counterThis month22
mod_vvisit_counterLast month9846
mod_vvisit_counterAll days1089514

RONALD POHAN

Lahir di Padang Sidempuan tanggal 7 Juni 1942, putra pertama dari pasangan Bpk. Epafroditus Laurentius Pohan dan Ibu Siti Melia Nainggolan. Pendidikan musik diperoleh dari ayahnya sejak dini berupa kepekaan terhadap unsur-unsur elemen ritmis, pengenalan sederhana tentang unsur-unsur melodi, kepekaan harmoni, konstruksi bunyi, tempo pembentukan jalur bass, semuanya ini diperkenalkan ayahnya dalam bentuk permainan, sehingga elemen-elemen musikal tersebut menjadi bagian dari hidupnya, yang selalu dipakai saat bernyanyi di gereja ataupun pada kesempatan lainnya. Setamat SMP, ia masuk ke Sekolah Guru (SGA) Kristen Salemba yang dipimpin ayahnya, banyak pengetahuan musik diperoleh di sana, termasuk pelajaran paduan suara, conducting, ilmu harmoni sederhana, dan sejarah musik barat dan Indonesia. Saat di perguruan tinggi musik Westminster Choir College, Princeton terpilih menjadi anggota paduan suara “The Williamson Choir” dan mengadakan konser yang langsung dipimpin oleh DR. John Finley Williamson sendiri. Belajar piano di YPM. Tahun 2001 diundang melatih St Andrew’s Choir” Auckland, New Zealand, dan memimpin “Konser dan Doa bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tahun 2001. ”The Key of The City “ menerima Walikota Noblesvelle, Indiana tahun 1970. ”First Presbyterian  Church, New York 1970.

Pengalaman di bidang musiknya antara lain mengikuti berbagai konser simfoni, seperti Leofold Stokowsky, Eugene Armandy, Leonard Berstein, Pire Boulez, Antal Dorati, Lorin Mazel, Herbert van Karajan, William Stein Berg, mengikuti konser di berbagai negara bagian di Amerika Serikat, DEI DUE MONDI Music Festival di Spoleto, Italia dan festival music di 30 kota di Jerman dan Swiss.

Berbagai penghargaan juga telah banyak diterimanya, seperti penghargaan dari Westminster Choir College, American Choral Society, penghargaan "Coro Artiso" music festival DEI DUE MONDI Music Ferstival di Spoleto, Italia dan "HIT" dari Florida Symphony Orchestra.

Ronald Pohan telah menciptakan berbagai lagu untuk paduan suara sacral dan music sekuler. Lagu-lagu ciptaannya seringkali dipakai sebagai lagu wajib di berbagai festival paduan suara di Indonesia, seperti festival paduan suara ITB, festival paduan suara gerejawi tingkat nasional dan lain-lain.

Karya-karyanya, seperti Bukakan Pintu Kasih-Mu, Choral Fantasi Halleluya Puji Tuhan, Magnificat, Elegi Kehidupan, Pesan Rembulan dan Mentari, Temaran, Siluet, berbagai lagu Mazmur (Mazmur 150, 121, 23, 112, 27, 149) dan Gloria sering dipakai oleh berbagai kelompok paduan suara dalam festival internasional dan Choir Olympics di berbagai negara, paduan suara terkenal di Indonesia yang sering membawakan karyawan antara lain PSM UI Paragita, PS Universitas Parahyangan dan PSM ITB.

Tahun 2007 menerima penghargaan dari "Internasional Committed for Who is Who in Choral Music in The World" di bidang Komposer, diantaranya 1000 orang musisi paduan suara dari seluruh negara, yang dimasukkan pada buku "Encyclopedia of Who is Who in Choral Music in The World" Edisi ke-1.

Saat ini, beliau aktif sebagai pelatih paduan suara di beberapa perguruan tinggi dan berbagai juri di berbagai festival paduan suara di Indonesia. Disamping itu juga aktif di Yayasan Musik Gereja (YAMUGER) sebagai Dewan Pembina dan juga sebagai anggota Tim Inti Nyanyian Gereja (TING) Yamuger. Kesibukan lainnya adalah mencipta lagu untuk persiapan festival paduan suara di dalam dan luar negeri.